Minggu, 25 Januari 2015

Trombus

Tubuh manusia terdiri dari organ-organ yang sangat luar biasa yang bekerja dengan mekanisme yang sangat rumit da bersinergi satu dan lainnya.
Organ tubuh terdiri atas :
  1. Organ-organ utama (Otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan liver)
  2. Organ-organ pendukung (Tangan, kaki, telinga, mata, hidung, mulut, dan lain-lain)
Tubuh Manusia
Semua organ-organ tubuh kita mendapatkan pasokan oksigen yang diantarkan oleh darah. Namun sayangnya timbunan plak, bekuan darah (thrombus) dan emboli akan menghambat transportasi darah menuju organ-organ yang membutuhkan. Bahaya yang diakibatkan oleh thrombus hampir sama dengan emboli. Keduanya menimbulkan sumbatan pada pembuluh darah, hanya saja yang membedakan adalah proses terjadinya sumbatan.

Trombus terjadi akibat adanya kerusakan lumen (dinding) pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya proses perbaikan dinding pembuluh darah tersebut. Pada proses perbaikan ini dapat terjadi  penumpukan trombosit (zat pembeku darah) yang mengakibatkan penyumbatan pada dinding pembuluh darah.

Trombus terbentuk karena ketiga faktor, yaitu :
  • Perubahan pada permukaan dinding pembuluh darah
  • Perubahan pada aliran darah
  • Perubahan pada konstitusi  darah (kekentalan darah, penyakit tertentu)
    Cuci Darah
    Penyakit Jantung
    Gangren
    Stroke

Akibat dari thrombus adalah timbulnya penyakit seperti penyakit jantung koroner (PJK), hipertensi, stroke, kerusakan ginjal, kerusakan hati, mata rabun, dan sebagainya.
Untuk menghindari munculnya pembekuan darah (thrombus) sangat diperlukan suplemen yang dapat mengencerkan dan melancarkan aliran darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar